Total Tayangan Halaman

Minggu, 24 Oktober 2010

PELUNCURAN JURNAL GLOBAL TERBARU

            Setelah mengalami penundaan penerbitan selama 4 edisi (2 tahun), Jurnal GLOBAL Volume 10 No.1 edisi Mei-November 2010 kembali diterbitkan oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, dengan tema besar yaitu "Disaster and International Relations" yang tentunya sangat relevan dengan fenomena global yang kerapkali terjadi di seluruh belahan dunia saat ini.
            Selama ini, dalam kancah politik internasional, isu lingkungan dan bencana alam telah lama terpinggirkan oleh berbagai isu-isu politik, ekonomi, keamanan, dan sosial yang dianggap lebih penting. Waktu telah menjawab bahwa kini saatnya manusia beserta peradabannya diharuskan untuk lebih mengapresiasi planet ini beserta seluruh komponennya. Bencana alam baik yang terjadi karena faktor murni kekuatan alam ataupun faktor pengabaian dan pengrusakan secara terus-menerus oleh manusia telah menjadi indikator kuat bahwa kebijakan global harus pula memperhatikan faktor-faktor lingkungan dan bencana. Kini, tantangan terbesar dunia adalah menghadapi bencana alam yang tidak dapat terprediksikan secara akurat oleh kecanggihan teknologi dan ilmu pengetahuan manusia, dan bukan isu perang ataupun kemiskinan yang hanya merupakan implikasi negatif nafsu yang berlebih dari sebagian umat manusia.

Berikut adalah rincian Jurnal GLOBAL Volume 10 No.1:

"Manajemen Bencana Internasional: Tinjauan Historis & Tantangan bagi Indonesia", Patrya Pratama.
"Global Governance of Disaster Risk Reduction: An Introduction to a New Analytical Framework", Jonatan A. Lassa.
"Ecological Disaster: Future Food Security in Peru", Reshmi Banerjee.
"Limit of Success of Southeast Asia's Counter Terrorism", Ali Abdullah Wibisono.
"Interfaith Dialogue in Indonesia's Public Diplomacy", Novita Rakhmawati.
"Potensi Pengembangan Komunitas Sosial Budaya ASEAN & Kemungkinan peran Konstruktif Indonesia: Sebuah Kajian Kualitatif", Dwi Ardhanariswari Sundrijo & Pierre Martinus.



* Keterangan : persedian (stock) Jurnal GLOBAL Volume 10 No.1 adalah lebih dari 400 eksemplar dan akan didistribusikan melalui beberapa cabang Toko Buku Gramedia di Jakarta dan di sekretariat redaksi Jurnal GLOBAL di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus Baru Universitas Indonesia, Depok 16424, Telp. 021-7873744, email yaitu mrktng.global@gmail.com atau dengan marketing staff kami, Steve (+628811460434).

Tidak ada komentar: